Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk memmbuat website. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection.
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut
;
1.
Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen
yaitu suara, gambar dan teks.
2.
Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2
media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik, dan
gambar.
3.
Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan
prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi,
audio dan gambar video.
4.
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan
berkomunikasi.
Multimedia dimanfaatkan juga
dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media
profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi
dan pelatihan
dalam sistem e-learning.Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Kelebihan dan Komponen Multimedia
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut
;
5.
Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen
yaitu suara, gambar dan teks.
6.
Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2
media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik, dan
gambar.
7.
Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan
prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi,
audio dan gambar video.
8.
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Kelebihan Multimedia
Dari berbagai media informasi, multimedia memiliki
suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media
informasi lainya. Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.
Komponen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam
beberapa elemen-elemen multimedia antara lain adalah ;
1.
Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.
2.
Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.
3.
Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara.
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara.
4.
Video
Menyediakan sumber daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
Menyediakan sumber daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
5.
Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
6.
Virtual Reality
Merupakan penggunaan multimedia untuk penerapan secara langsung.
Merupakan penggunaan multimedia untuk penerapan secara langsung.
Secara umum Multimedia terdiri dari beberapa
komponen yaitu:
1. Teks
Hampir semua orang yang dapat menggunakan komputer
sudah terbiasa dengan teks. Teks merupakan dasar dari pengelohan kata dan
informasi yang berbasis multimedia. Dalam kenyataannya, multimedia menyajikan
informasi kepada audiens dengan cepat, karena tidak diperlukan membaca secara
rinci dan teliti.
2. Grafik
Secara umum. grafik berarti gambar atau garis (line
drawing). Manusia sangat berorientasi pada visual (visual
oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk
menyajikan informasi. Grafik merupakan komponen penting dalam multimedia.
3. Image
Secara umum image berarti gambar atau raster (halfone
drawing), seperti foto. Basis data karyawan dengan atribut seperti
nama, alamat dan lainnya lebih efektif bila foto karyawan yang bersangkutan
dapat ditampilkan. Demikian juga foto‑foto seperti gedung dan lain – lain
sangat memerlukan penyimpanan yang besar. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi
multimedia disimpan dalam penyimpanan yang cukup besar kapasitasnya seperti CD‑Room.
4. Animasi
Animasi berarti gerakan image atau video, contohnya
gerakan orang yang melakukan suatu kegiatan. Konsep dari animasi adalah
sulitnya menggambarkan
informasi dengan satu gambar saja, atau sekumpulan
gambar, juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan informasi. Arsip
animasi memerlukan penyimpanan yang j auh lebih besar dari pada satu gambar.
5. Suara
Suara dapat lebih memperjelas pengertian yang
ditampilkan dalam teks dan video. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari
penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat memberikan lebih menjelaskan
karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect).
6. Interaktive Link
Sebagian dari multimedia adalah interaktif, dimana
pengguna dapat menekan mouse atau objek pada screen seperti button atau teks
dan menyebabkan program melakukan perintah tertentu.
Interaktif link dengan informasi yang dihubungkannya
sering kali dihubungkan secara keseluruhan sebagai hypermedia. Secara
spesifik, dalam hal ini termasuk hypertext (hotword), hypergraphics dan
hypersoundmenjelaskan jenis informasi yang dihubungkan.
Interaktif link diperlukan jika pengguna, menunjuk
pada suatu objek atau button agar dapat mengakses program tertentu. Interaktif
link diperlukan untuk menggabungkan beberapa elemen multimedia sehingga menjadi
informasi yang terpadu. Cara pengaksesan informasi pada multimedia terdapat dua
macam yaitu linier dan non‑linier. Informasi linier adalah informasi yang
ditampilkan secara sekuensial, yaitu dari atas ke bawah atau halaman demi
halaman. Sedangkan pada informasi non‑linier informasi dapat ditampilkan
langsung sesuai dengan kehendak pengguna.
Manfaat Multimedia Pembelajaran
Secara umum
manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih
interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat
ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan
saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Sedangkan keunggulan multimedia pembelajarn adalah
sebagai berikut:
1. Memperbesar
benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri,
elektron, dan lain-lain.
2. Memperkecil
benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti
gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
3. Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat,
seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars,
berkembangnya bunga dan lain-lain.
4. Menyajikan
benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
5. Menyajikan
benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau,
racun dan lain-lain.
6.
Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar