Rabu, 20 Agustus 2014

Membuat Objek Bergerak Dengan Keyboard di Flash

Membuat Objek Pesawat Bergerak Dengan Keyboard di Flashcara membuat objek bergerak dengan menggunakan keyboard di adobe flash. Sering kali kita melihat atau mencoba sebuah game flash (*swf) yang menggunakan keyboard sebagai penggerak objek dalam game tersebut. Contoh yang sering kita temui adalah objek pesawat bergerak pada sebuah game flash. Nah bagaimana cara membuat objek tersebut dapat digerakkan ? Untuk membuat objek bergerak tersebut kita dapat menggunakan beberapa perintah pada ActionScript di Flash. 
Langkah 1
Buka Adobe Flash, pada tutorial ini menggunakan Adobe Flash Professional CS6.
Langkah 2
Buat sebuah File Baru, dan pilih ActionScript 2.0
Membuat Objek Bergerak Dengan Keyboard di Flash
Gambar 1. Membuat File Baru
Langkah 3
Buat sebuah objek, atau Anda dapat mengimport gambar pesawat ke dalam stage.

Langkah 4
Klik kanan pada objek atau gambar pesawat yang telah dibuat lalu pilih Convert to Symbol, pilih Movie Clip dan beri nama pesawat. Seperti contoh dibawah :
Membuat Objek Bergerak Dengan Keyboard di Flash
Gambar 2. Convert to Symbol pada objek
Membuat Objek Bergerak Dengan Keyboard di Flash
Gambar 3. Pengaturan Symbol
Langkah 5
Tambahkan ActionScript pada Objek tersebut, klik kanan dan pilih Action.
Membuat Objek Bergerak Dengan Keyboard di Flash
Gambar 4. Actions pada Objek
Langkah 6
Tulis script berikut ini pada kolom action :
onClipEvent(enterFrame){
if(Key.isDown(Key.RIGHT)){
_x+=10; 
}
if(Key.isDown(Key.LEFT)){
_x-=10;
}
if(Key.isDown(Key.UP)){
_y-=10;
}
if(Key.isDown(Key.DOWN)){
_y+=10;
}
}
Membuat Objek Bergerak Dengan Keyboard di Flash
Gambar 5. Menambahkan ActionScript
Langkah 7
Coba RUN animasi dengan cara menekan Ctrl+Enter. Gerakkan objek menggunakan panah kanan, kiri, atas, dan bawah.
Selesai, jika Anda ingin merubah tombol keyboard dengan menggunakan huruf, misalkan panah kiri diganti dengan key 'A' cukup rubah Key.LEFT menjadi kode ASCII dari huruf A tersebut. Dimana kode ASCII untuk huruf 'A' adalah 65 maka rubah script diatas menjadi seperti ini :
      if(Key.isDown(65){
           _x-=10;
     }
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar