Contoh gambar proses gerakan berjalan pada animasi tradisional.
Lebih dalam lagi pengertian cel animation
atau animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi
tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek
animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu
animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel
terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun
berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan,
terlihat seperti satu kesatuan.
Animasi tradisional proses pembuatan
gambar dikerjakan secara manual atau dengan tangan dan untuk proses
pergerakkannya memakai banyak frame jadi setiap satu animasi memerlukan
sekitar 20 frame dan diperlukan waktu serta tenaga yang besar untuk
menghasilkan sebuah animasi yang lengkap. Animasi ini dibuat dari
berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-”putar” sehingga muncul
efek gambar bergerak. Gambar pertama dipaparkan pada screne. Kemudian
gambar kedua yang mungkin lebih kecil atau berukuran sama dengan gambar
pertama ditumpuk pada gambar pertama. Proses ini diulang beberapa kali,
setiap kali gambar yang baru menunjukkan sedikit perubahan. Sekiranya
proses ini diulang-ulang, ia kelihatannya seperti bergerak.
Tipe animasi tradisional
Cel animation
• Berdasarkan pada perubahan yang terjadi dari satu frame ke frame berikutnya
• Digambar pada celluloid sheets (sehingga dinamakan Cel animation) yang sekarang
Bina Nusantara digantikan oleh layer-layer digital
Stop animation
Yaitu animasi yang dibuat dengan cara
menghidupkan urutan still image (gambar tidak bergerak) atau memfilmkan
susunan gambar untuk menciptakan rangkaian gerakan ilusi. Animasi itu
dibentuk dari gambar-gambar yang dibuat secara grafis yang kemudian
digerakkan.
Jenis – jenis animasi tradisional
ANIMASI FLASH
Salah satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash
animasi. Animasi Flash diberi nama untuk program Flash dari Adobe yang
mereka diproduksi, meskipun saat ini ada program lain yang juga
memungkinkan animator untuk menciptakan “flash” animasi. Meskipun
keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya, Flash murah untuk memproduksi
dan karena itu semakin meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering
digunakan dalam iklan dan umum sebagai konten video di situs Web.
Animasi flash menggunakan vektor untuk menghasilkan gerakan. Ini berarti bahwa daripada mengandung obyek di setiap negara sebagai bergerak antara titik, program ini hanya menyimpan informasi yang relevan tentang karakteristik dari obyek itu sendiri dan kemudian menghasilkan sebuah rumus matematika yang menggambarkan gerakannya. Proses ini berguna untuk membuat animasi komputer bila ukuran file menjadi masalah, seperti dalam distribusi Web atau ketika menghidupkan pada komputer pribadi.
Animasi flash menggunakan vektor untuk menghasilkan gerakan. Ini berarti bahwa daripada mengandung obyek di setiap negara sebagai bergerak antara titik, program ini hanya menyimpan informasi yang relevan tentang karakteristik dari obyek itu sendiri dan kemudian menghasilkan sebuah rumus matematika yang menggambarkan gerakannya. Proses ini berguna untuk membuat animasi komputer bila ukuran file menjadi masalah, seperti dalam distribusi Web atau ketika menghidupkan pada komputer pribadi.
MOTION CAPTURE
Motion capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh
banyak minat dalam beberapa tahun terakhir. Ini bergantung pada sensor
kecil yang ditempatkan pada pelaku di berbagai titik di sekitar tubuh
mereka. Para aktor melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera
yang dapat menemukan sensor dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini
kemudian dapat ditransfer ke komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak
dengan cara yang persis sama seperti aktor lakukan.
Motion capture signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara tradisional pembuatan film metode dan teknologi baru. Gerak menangkap pertunjukan sering dibahas dalam hal realisme mereka atau emosi, seperti live-action pertunjukan akan. Beberapa contoh dari motion capture termasuk Gollum di “Lord of the Rings” film, versi 2005 dari “King” dan seluruh pemain tahun 2007 “Beowulf.”
Motion capture signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara tradisional pembuatan film metode dan teknologi baru. Gerak menangkap pertunjukan sering dibahas dalam hal realisme mereka atau emosi, seperti live-action pertunjukan akan. Beberapa contoh dari motion capture termasuk Gollum di “Lord of the Rings” film, versi 2005 dari “King” dan seluruh pemain tahun 2007 “Beowulf.”
CGI COMPOSITING.
Animasi komputer juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua
dari film animasi. Sejak hari-hari awal bioskop, unsur-unsur animasi
telah ditambahkan ke gambar difoto. Unsur-unsur lain, seperti model atau
latar belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah dipasangkan
dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di mana
berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar dapat composited
bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus
yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film
yang paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau animasi sepotong. Komputer compositing animasi bahkan fungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau animasi sepotong. Komputer compositing animasi bahkan fungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
KOMPUTER ASSIST.
Beberapa contoh pertama dari animasi komputer komersial secara
tradisional ditarik urutan animasi yang menggunakan bantuan
komputer. Ini bisa dalam bentuk komputer memproduksi “di-perantara” atau
gambar yang menghubungkan dua input yang sama gambar oleh seniman
(sehingga memungkinkan seniman untuk menggambar gambar individu lebih
sedikit). Komputer animasi dibantu pertama kali digunakan dalam sebuah
film animasi di “The Mouse Detective Besar” Disney pada tahun
1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung dalam jam, dan roda gigi
mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam komputer sebagai
kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu
dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan oleh Disney
dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast” (1991), “Pocahontas”
(1995) dan “Tarzan” (1999) untuk mereproduksi halus, gerak yang
kompleks dalam gaya, tradisional dua dimensi animasi.
GERAK KONTROL DAN SCRIPT.
Animasi komputer yang paling modern menggunakan sistem kendali
gerak yang animator memanipulasi untuk membuat sebuah objek, dan
kemudian memindahkan obyek yang melalui serangkaian pose. Ini
menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar bergerak
akhir. Animasi gerak pertama kontrol dilakukan dengan sistem scripting
seperti ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator
adalah seorang programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa
komputer untuk menghasilkan sebuah objek dan memberikan gerakan obyek
itu. Sebagai animasi komputer berkembang, sistem yang lebih interaktif
dikembangkan untuk memungkinkan animator untuk berinteraksi dengan
gambar dan benda-benda melalui antarmuka yang lebih abstrak. Kode
sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan yang animator
membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek dengan
mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
Cara kerja Thaumatrope dan Zoetrope
Cara kerja Thaumatrope ini adalah dengan
memutar cepat kepingan tersebut, sehingga dapat memunculkan gabungan
dari kedua gambar yang ada di setiap sisi keping menjadi satu.
Thaumatrope itu kerjanya hampir sama dengan Flip Book ,yaitu :
1. Mengambil 2 buah kertas yang berbentuk Lingkaran
2. Mengambil 2 buah karet
3. Memberi gambar dan
4. Memutarnya.
Thaumatrope itu kerjanya hampir sama dengan Flip Book ,yaitu :
1. Mengambil 2 buah kertas yang berbentuk Lingkaran
2. Mengambil 2 buah karet
3. Memberi gambar dan
4. Memutarnya.
Pada sekitar bagian tepi dalam silinder,
terdapat serangkaian gambar pada sisi yang berlawanan arah dengan celah
vertikal. Setelah silinder diputar, akan terlihat ilusi gerakan yang
terlihat dari celah vertikal tersebut. Zoetrope ditemukan oleh William
George Horner.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar